Sekilas tentang Kemiskinan di Kabupaten Paser

Kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak dan memerlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistemik, terpadu dan menyeluruh.Millenium Development Goals (MDG’s) mempunyai target pengurangan angka kemiskinan pada tahun 2015 yaitu setengah dari angka kemiskinan tahun 2000. Target MDG’s disikapi dengan kebijakan RPJMN 2010-2014 yang mencanangkan target penurunan tingkat kemiskinan menjadi 8-10 persen pada akhir 2014. 

Rumah Bagi Masyarakat Miskin melalui Proyek  PNPM

Skenario optimis penurunan tingkat kemiskinan berkisar pada angka 8 persen, sedangkan skenario moderat terdapat pada kisaran angka 10 persen dengan pertimbangan kemungkinan munculnya beberapa faktor eksternal, diantaranya seperti krisis ekonomi dunia yang berpengaruh pada kenaikan tingkat kemiskinan. Dalam rangka realisasi pencapaian target penurunan tingkat kemiskinan sesuai dengan MDG’s dan RPJMN 2010-2014 tersebut, telah ditetapkan berbagai kebijakan dan program percepatan penanggulangan kemiskinan,diantaranya melalui Perpres No. 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.Kabupaten Paser memiliki komitmen tinggi dalam mengentaskan kemiskinan, hal ini tercermin dari salah satu misi Pemerintah Kabupaten Paser adalah mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan sasaran  memperbaiki perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat  golongan ekonomi lemah yang pada umumnya berdomisili di perdesaan, melalui peningkatan kuantitas dan kualitas lapangan usahanya. 

 Pelaksanaan kebijakan dan program percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Paser dapat berjalan secara terkoordinasi dan terpadu antara upaya pemerintah bersama-sama dengan masyarakat  dan sektor swasta.Guna mendukung efektivitas koordinasi dan keterpaduan pelaksanaan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan, dibentuk kelembagaan koordinasi penanggulangan kemiskinan. Di Pusat, dibentuk Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), sedangkan di daerah dibentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi dan TKPK Kabupaten/Kota melalui Permendagri No. 42 Tahun 2010 sebagai pelaksanaan Perpres No. 15 Tahun 2010. Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Paser telah terbentuk melalui SK Bupati Paser No. 740/KEP-251/2012. TKPKD ini memiliki sekertariat di Kantor Bappeda Kabupaten Paser.

Peningkatan Infrasturktur melalui Proyek PNPM-MP

Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Paser dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang cukup menggembirakan. Hal ini tergambar dari Tingkat Kemiskinan Masyarakat Kabupaten Paser yang menurun dari tahun ke tahun,  dimana pada tahun 2009 Tingkat Kemiskinan Kabupaten Paser adalah 10,11% menurun pada tahun 2010 menjadi 9,48%. Namun demikian, tantangan ke depan semakin besar dan kemiskinan adalah musuh bersama yang harus diperangi. Upaya penanggulangan kemiskinan tidak boleh berhenti di sini saja demi tercapainya masyarakat Paser yang Maju, Mandiri, Agamais dan Sejahtera. Kesejahteraan masyarakat miskin identik dengan daya beli masyarakat, maka dari itu salah satu Kebijakan Anggaran Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2012 dalam meningkatkan daya beli masyarakat adalah anggaran belanja akan diarahkan pada revitalisasi sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan, penguatan struktur ekonomi pedesaan berbasis DESA MEMBANGUN, pemberdayaan koperasi dan KUKM, serta dukungan infrastruktur pedesaan; Pelaksanaan program tersebut harus dikoordinasikan karena penanggulangan kemiskinan pada dasarnya bersifat  lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan. 

 

Upaya ini tidak hanya melibatkan pihak Pemerintah Daerah saja, tetapi juga pihak non-pemerintah/ organisasi masyarakat dan dunia usaha. Oleh sebab itu, efektivitas penanggulangan kemiskinan akan   sangat dipengaruhi oleh kualitas koordinasi lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan tersebut dalam perencanaan maupun pelaksanaan kebijakan dan program  di dalamnya. 

Selamat kerja menanggulangi kemiskinan, semoga menjadi amal ibadah.... amin.

 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar